Coban Pawon

Pesona Coban Pawon Yang Eksotis

Coban Pawon atau biasa disebut Antrukan Pawon merupakan air terjun yang terletak di Dusun Kertowono,Desa Wangkit ,Kecamatan Gucialit,Kabupaten Lumajang.Berjarak sekitar 20 km dari kota Lumajang atau sekitar 7 km dari Gucialit dengan kondisi jalan yang sudah beraspal bagus.Untuk menuju ke lokasi jika dari kota Lumajang ke arah utara menuju ke Karangsari,kemudian dilanjutkan ke arah Dawuhan dan selanjutnya  ke arah Dadapan.
blog coban pawon
Untuk menuju ke lokasi Coban Pawon ini setelah sampai di Dadapan karena belum terdapat area parkir yang resmi maka kendaraan dititipkan di rumah-rumah penduduk.Perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah utara melewati perkebunan penduduk.Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan jarak sejauh kira-kira 1,5 km.Kondisi medan cukup menantang dan masih alami dengan naik turun bukit.Sebelum tiba di lokasi air terjun ini akan dijumpai medan yang cukup curam dengan kemiringan sekitar 45 derajat.
pawon3
Coban Pawon memiliki ketinggian sekitar 15 m dan mempunyai keunikan tersendiri,yaitu airnya yang jatuh menimpa lubang gua yang ada di bawahnya.Dari arah kejauhan goa dengan diameter sekitar 6 meter tersebut tampak seperti pawon yaitu dapur tempat memasak.Di sisi kanan dan kiri air terjun tumbuh tanaman khas pegunungan sedang dibawah air terjun mengalir sungai yang menuju hilir dipadu dengan tatanan bebatuan alam yang eksotis yang menjadikan panorama di kawasan ini semakin indah dan sejuk.
Air yang memercik dari Coban Pawon diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.Menurut mitos yang ada di masyarakat sekitar,konon pada setiap malam Jumat Legi terdengar suara alunan gamelan dari lokasi tersebut.